Klasifikasi DHCP Server Komputer

Klasifikasi DHCP Server

Klasifikasi DHCP Server » DHCP singkatan dari (Dynamic Host Configuration) adalah sebuah sistem pengalamatan atau pendistribusian.

yang secara otomatis memberikan ip address kepada host/komputer atau client pada layanan TCP/IP yang memintannya, DHCP juga di kenal sebagai arsitektur berbasis client server.

di karenakan komputer atau piranti yang dapat memberikan ip address di sebut DHCP Server, sedangkan komputer atau piranti yang meminta ip address di sebut sebagai DHCP Client.


fungsi DHCP Server di antaranya mampu medistribusikan ip address, secara otomatis kepada setiap client yang terhubung dengan jaringan komputer.

Klasifikasi DHCP Server

1. DHCP Lease (Reservation)
Lease adalah identik dengan batas waktu penyewaan alamat ip yang di berikan kepada DHCP Client oleh DHCP Server.

2. DHCP Options
DHCP Options dapat di aplikasikan kepada semua client. Dan identik dengan tambahan pengaturan alamat ip yang di berikan oleh DHCP ke DHCP Client.

3. DHCP Scope
DHCP Scope dan alamat ip yang telah di sewakan kemudian di simpan di dalam basis data DHCP dalam DHCP Server.

Penutup


Di dasarkan pada sifat DHCP Server sebagai sebuah mesin yang menjalankan layanan yang dapat meminjamkan alamat IP dan maupun informasi TCP/IP lainnya.

kepada semua client yang memintanya, demikian informasi mengenai DHCP Server dan DHCP Client semoga dapat menambah ilmu dan bermanfaat.

sulistio
Informasi Dunia Teknologi
x
adbanner